Hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengerti tentang bagaimana hukumnya orang tua memakan daging Aqiqah milik anaknya? Apakah Anda salah satunya? Nah sebaiknya simak di bawah ini dengan seksama.

Pada hakikatnya Aqiqah berarti memotong atau menyembelih seekor hewan bentuk rasa syukur kepada Allah atas kelahiran seorang anak ke dunia. Biasanya dilakukan saat sudah menginjak tujuh hari atau bisa juga hari keempat belas atau dua puluh satu. Hukumnya sunnah muakad yang artinya lebih utama dilaksanakan jika mampu.

Di hari ketujuh itulah anak akan di Aqiqah bersamaan dengan potong rambut dan pemberian nama. Meskipun hukumnya sunnah muakad, namun jika orang tua bayi masih belum mampu melaksanakannya tidak apa-apa dan boleh melakukannya di hari yang lain boleh sebulan yang akan datang,  setahun, maupun kapan saja saat sudah mampu.

1. Pembagian Daging Aqiqah
Ada beberapa orang yang paling utama dibagikan daging Aqiqah. Yaitu:

Tetangga
Saudara
Fakir miskin
Diri sendiri
Dan juga orang tua dalam hal ini ibu yang sedang menyusui

2. Alasan Boleh Memakan Daging Aqiqah Anak

Seiring berjalannya waktu ada simpang siur yang mengatakan boleh tidaknya makan daging aqiqah anak sendiri. Tentu saja boleh asalkan tidak secara berlebihan. Apa yang mendasari diperbolehkannya memakan daging aqiqah anak?

Karna aturan aqiqah hampir menyerupai aturan qurban sehingga untuk pembagiannya pun tidak beda jauh antara keduanya.

Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Karena lebih baik lagi jika dibagikan kepada orang yang kurang mampu atau fakir miskin.

Karena hukumnya bukanlah wajib, begitu juga dengan qurban maka untuk penyalurannya pun tentu hampir sama.

Dibolehkan memakan daging aqiqah anak selama acara tersebut masih menjadi acara hajatan aqiqah anak bukan digunakan sebagai acara atau hajatan lain. Karena dengan begini niat untuk aqiqah anak sudah berbeda dari niat awalnya.

Menurut sunah nabi, tidak diperbolehkan menggabungkan lebih dari satu niat dalam satu amalan ibadah. Entah itu dalam penyembelihan hewan maupun berpuasa.
Semoga bermanfaat.

Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.

Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan di lanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.
Maka dari itu Karima Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah.
Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

Jadi jangan ragu untuk memesan paket aqiqah tangerang di Karima Aqiqah.
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa kami bisa datang ke kantor kami atau telpon.
Kantor:
Jl. Raya Masjid Nurul Falah, KP. Tanjung Rt.04 Rw.01 Suka Asih, Pasar Kemis, Tangerang
WA | Phone : 0859 3023 1451

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here