Dalam Islam mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran sang buah hati biasanya akan dilakukan aqiqah. Ibadah aqiqah dilakukan dengan cara menyembelih binatang ternak (biasanya kambing atau domba) lalu daging dari hewan yang sudah disembelih tersebut dibagikan kepada kerabat dan tetangga.

Biasanya aqiqah dapat dilakukan di hari ke-7, ke-14, atau ke-21 setelah kelahiran si bayi. Untuk jumlah hewan yang disembelih bagi anak laki-laki diharuskan memotong dua ekor kambing, sedangkan anak perempuan satu ekor kambing.

Berikut ini penulis akan membahas tentang tata cara aqiqah dalam ajaran islam, berikut pembahasannya:

1. Waktu Yang Dianjurkan Rasulullah Untuk Melakukan Aqiqah

Rasulullah SAW bersabda, “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.”[Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya].

Menurut dari hadits diatas, para ulama telah bersepakat bahwa waktu aqiqah yang paling utama adalah hari ke-7 dari awal kelahirannya. Jika berhalangan anda tetap dapat melaksanakannya hingga hari ke-14 atau ke-21.

Jika seorang muslim dalam kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan aqiqah, maka terlepaslah kewajiban melakukan aqiqah ini. Tidak akan berdosa seorang muslim jika meninggalkan ibadah ini, kecuali jika ia memang tidak mampu.

2. Syarat Hewan Yang Dipilih Untuk Aqiqah

Hewan yang menjadi syarat untuk sembelih aqiqah adalah hewan yang memiliki kriteria sama seperti dengan hewan qurban. Sangat dianjurkan untuk memilih hewan kurban berjenis domba putih, jika tidak ada domba bisa juga dengan menggunakan kambing yang seha. Untuk umur dari hewan yang akan disembelih ini minimal ½ tahun.


3. Pembagian Daging Hewan Aqiqah

Dalam hal membagikan daging aqiqah berbeda halnya dengan qurban. Dalam aqiqah, kamu harus membagikan daging yang sudah disembelih tadi dalam kondisi sudah masak.

Aisyah berkata jika Rasulullah bersabda, “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR Al-Bayhaqi)”

Dalam kondisi seperti ini, kamu dan keluarga disunnahkan pula untuk mengkonsumsi daging aqiqah. Sedangkan daging sepertiganya, dihadiahkan kepada tetangga dan fakir miskin.

4. ​Pemberian Nama dan Mencukur Rambut Anak Saat Aqiqah 

Dalam menyelenggarakan aqiqah, kamu disunnahkan pula untuk melakukan cukur rambut dan memberikan nama baik kepada anak yang baru lahir. Memberikan nama baik kepada anak akan mencerminkan bagaimana akhlak dan imannya nanti kepada Allah SWT.​

5. Doa Saat Menyembelih Hewan Aqiqah

​Berikut ini adalah do’a untuk menyembelih hewan aqiqah :

Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.

Artinya : “Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.

Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan di lanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.
Maka dari itu Karima Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah.
Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

Jadi jangan ragu untuk memesan Paket Aqiqah Tangerang Selatan di Karima Aqiqah.
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa kami bisa datang ke kantor kami atau telpon.
Kantor:
Jl. Raya Masjid Nurul Falah, KP. Tanjung Rt.04 Rw.01 Suka Asih, Pasar Kemis, Tangerang

WA | Phone : 0859 3023 1451

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here