Akikah adalah bentuk pengorbanan umat Islam dengan menyembelih kambing sebagai ungkapan rasa syukur dan diniatkan beribadah kepada Allah Swt atas kelahiran anak. Namun, jumlah kambing yang disembelih antara perempuan dan laki-laki berbeda. Hal tersebut berdasarkan riwayat Ummu Kurz Al-Ka’biyyah ra. dalam kitab Al-Muhadzzab karya Abu Ishaq As Sirazi tentang akikah. Ia bertanya kepada Nabi Muhammad saw tentang Akikah, Nabi pun menjawab bahwa untuk bayi laki-laki dua ekor kambing dan untuk bayi perempuan satu ekor saja.

والسنة أن يذبح عن الغلام شاتين وعن الجارية شاة لما روت أم كرز قالت سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن العقيقة للغلام شاتان مكافئتان وعن الجارية شاة

“Sunnah untuk disembelih (berakikah) dua ekor kambing yang setara umurnya untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan berdasarkan riwayat Ummu Kurz Ra. Ia bertanya kepada Rasulullah saw tentang akikah, lantas Rasul menjawab, “Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, dan bagi anak perempuan satu ekor kambing.”

Setelah melihat penjelasan tersebut, jelas sudah bahwa jumlah kambing yang disembelih untuk anak laki-laki dan anak perempuan berbeda walaupun itu hanya sebuah anjuran. Artinya, kalaupun hanya mampu menyembelih satu kambing saja maka tidak apa-apa dan tetap diperbolehkan.

Namun, alangkah lebih baiknya kita mengetahui latar belakang atau alasan mengapa jumlah akikah untuk keduanya dibedakan, supaya kita betul-betul mengerti dan bisa mengutamakan jumlah yang afdhal atau lebih utama.

Baca Juga : Memberikan Daging Hewan Akikah Kepada Non-Muslim, Apakah Boleh?

Dibedakannya jumlah sembelihan hewan untuk akikah antara anak laki-laki dan perempuan itu tidak lepas dari situasi dan kondisi sosial bangsa Arab masa lalu, di mana semua orang tua pada saat itu lebih mengharapkan kehadiran anak laki-laki ketimbang anak perempuan.

Dengan kata lain, kebahagian mereka ketika mendapatkan anak laki-laki itu melebihi dari mendapatkan anak perempuan. Karenanya, jumlah kambing sembelihan akikah dibedakan, yaitu dua ekor untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Dengan ini, alasan pembedaan jumlah kambing sembelihan akikah untuk anak laki-laki dan perempuan adalah kadar dan raya syukur yang berbeda antara kehadiran anak laki-laki dan perempuan yang mana anak laki-laki lebih diharapkan dan rasa bahagianya pun berlebih.

Walaupun begitu, anjuran akikah ini tidaklah boleh menjadi beban bagi orang tua, sebab ini hanyalah sebuah anjuran, bukan kewajiban. Jika hanya mampu menyediakan satu ekor kambing sembelihan akikah saja untuk anak laki-laki sama seperti halnya jumlah untuk anak perempuan, maka tetap diperbolehkan dan sah-sah saja.

Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.

Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan di lanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.

Maka dari itu Karima Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah.
Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

Jadi jangan ragu untuk memesan Paket Aqiqah Tangerang Selatan di Karima Aqiqah.
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa kami bisa datang ke kantor kami atau telpon.
Kantor:
Jl. Raya Masjid Nurul Falah, KP. Tanjung Rt.04 Rw.01 Suka Asih, Pasar Kemis, Tangerang
WA | Phone : 0859 3023 1451

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here