Akikah merupakah hal yang disunnahkan dalam Islam. Hukumnya adalah sunnah muakadah, yakni boleh dilakukan bagi mereka yang mampu. Akikah sendiri biasanya dilakukan pada saat kelahiran. Namun, tidak semua orang mampu untuk melaksanakan akikah. Biasanya akikah dilakukan oleh para orang tua dari anak yang lahir.

Cukup banyak yang bertanya, jika saat masih kecil belum di akikah, apakah ketika dewasa boleh mengakikah diri sendiri? Hal ini karena mereka telah merasa mampu untuk melakukan akikah. Banyak juga yang mengatakan bahwa shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika diangkat menjadi nabi bahwa ia mengakikah diri sendiri. Para ulama juga masih berselisih paham mengenai hal tersebut.

Bagaimana Pendapat Para Ulama Mengenai Mengakikah Diri Sendiri?

Muhammad bin Qosim Al Ghozzi dalam madzhab Syafi’I yang merupakan penulis Fathul Qorib ia berkata bahwa “Kalau akikah diakhirkan setelah itu maka tidaklah luput. Tetapi orang tua memang memiliki tanggung jawab mengakikah anak, jika mengakikah anak setelah baligh maka bukan tanggung jawab orang tua untuk mengakikah anak dan anak punya pilihan untuk mengakikah diri sendiri”

Beberapa ulama seperti Ibnu Sirin dan Al Hasan Al Bashri juga menyarankan untuk mengakikah diri sendiri. Namun Imam Malik rahimahullah berkata bahwa tidak perlu mengakikah diri sendiri. Ia berkata bahwa “Mengakikah diri sendiri tidak perlu karena hadits yang membicarakan mengenai hal tersebut adalah dho’if. Sedangkan para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengakikah diri sendiri ketika masuk Islam, padahal saat masa jahiliah mereka belum diakikah”

Baca Juga : Bacaan Doa Ketika Menyembelih Hewan Aqiqah

Beberapa Alasan Tidak Perlu Mengakikah Diri Sendiri

  1. Hadits yang membicarakan mengenai akikah diri sendiri merupakan hadits lemah (dho’if).
  2. Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika masuk Islam tidak mengakikah diri sendiri.
  3. Sebenarnya akikah merupakan tanggung jawab orang tua.
  4. Menurut mayoritas ulama, hukum akikah adalah sunnah.

Pembahasan tersebut tadi merupakan informasi mengenai hukum melakukan akikah untuk diri sendiri. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi mengenai topik terkait.

Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.

Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan di lanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.
Maka dari itu Karima Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah.
Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

Jadi jangan ragu untuk memesan Paket Aqiqah Tangerang Selatan di Karima Aqiqah.
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa kami bisa datang ke kantor kami atau telpon.
Kantor:
Jl. Raya Masjid Nurul Falah, KP. Tanjung Rt.04 Rw.01 Suka Asih, Pasar Kemis, Tangerang
WA | Phone : 0859 3023 1451

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here