Di masa islam belum diturunkan di semenanjung arab. Masyarakat disana sudah terbiasa untuk melakukan tradi pemotongan hewan sebagai bentuk perayaan. Maksud dan tujuannya pun bisa beragam, mulai dari yang paling utama sebagai bentuk pemujaan (kurban berhala) atau sebagai bentuk perayaan pengingat suatu kejadian tertentu, bisa perang, pernikahan atau semacamnya yang dianggap bernilai.
Sementara itu ada pula tradisi memotong kambing atau domba di waktu bulan rajab, yang membuatnya di sebut rajabiyah. Adapula penyembelihan anak kambing pertama yang disebut dengan atirah. Namun ternyata tradisi Aqiqah sudah ada sebelum masa agama Islam.
Hal ini berdasarkan hadits riwayat Imam Abu Daud dari Buraidah berikut.


كُنَّا فِى اْلجَاهِلِيَّةِ اِذَا وُلِدَ ِلاَحَدِنَا غُلاَمٌ ذَبَحَ شَاةً وَ لَطَخَ رَأْسَهُ بِدَمِهَا، فَلَمَّا جَاءَ اللهُ بِاْلاِسْلاَمِ كُنَّا نَذْبَحُ شَاةً وَ نَحْلِقُ رَأْسَهُ وَ نَلْطَخُهُ بزَعْفَرَانٍ


“Dahulu kami di masa Jahiliyah apabila salah seorang di antara kami mempunyai anak laki-laki, ia menyembelih kambing dan melumuri kepalanya dengan darah kambing tersebut. Maka, setelah Allah mendatangkan Islam, kami menyembelih kambing, mencukur (menggundul) rambut anak tersebut dan melumurinya dengan minyak wangi.”
Konsep yang diusung dalam acara aqiqah pada masa itu jelas adalah konsep jahiliyah. Dimana darah yang berasal dari hewan yang di kurbankan. Akan di usapkan ke kepala si bayi.
Tradisi ini terus berlangsung hingga akhirnya ketika masa Islam datang dan Nabi SAW. Mengganti tradisi penggunaan darah menjadi wewangian. 
كَانُوْا فِى اْلجَاهِلِيَّةِ اِذَا عَقُّوْا عَنِ الصَّبِيّ خَضَبُوْا قُطْنَةً بِدَمِ اْلعَقِيْقَةِ. فَاِذَا حَلَقُوْا رَأْسَ الصَّبِيّ وَضَعُوْهَا عَلَى رَأْسِهِ، فَقَالَ النَّبِيُّ اِجْعَلُوْا مَكَانَ الدَّمِ خَلُوْقًا


”Dahulu orang-orang pada masa Jahiliyah apabila mereka berakikah untuk seorang bayi, mereka melumuri kapas dengan darah akikah, lalu ketika mencukur rambut si bayi mereka melumurkan pada kepalanya. Maka Nabi Saw. menyuruh mereka untuk mengganti darah tersebut seraya berata, “Gantilah darah itu dengan minyak wangi.”


Jadi dengan datangnya Islam tradisi yang tadinya sudah ada tetap bisa dilanjutkan tentunya dengan tidak melanggar syariat yang sudah ada di dalam Islam.

Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.



Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan di lanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.
Maka dari itu Karima Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah.
Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.


Jadi jangan ragu untuk memesan Paket Aqiqah Tangerang Selatan di Karima Aqiqah.
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa kami bisa datang ke kantor kami atau telpon.
Kantor:
Jl. Raya Masjid Nurul Falah, KP. Tanjung Rt.04 Rw.01 Suka Asih, Pasar Kemis, Tangerang
WA | Phone : 0859 3023 1451

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here