Kali ini, Kita akan megupas tuntas informasi tentang melaksanakan Aqiqah anak. Aqiqah biasanya identk dengan proses penyembelihan hewan seperti domba, kambing, sapi, unta, atau hewan berkaki empat yang sesuai dengan syariat dan syarat Aqiqah.

Biasanya Aqiqah dilaksanakan di hari ke- tujuh, ke-empatbelas, kedua puluh satu, kelahiran sang bayi. Namun, hakikatnya ada juga yang melaksanakannya saat bayi sudah berusia dua, tiga, empat tahun bahkan saat sudah besar. Disesuaikan dengan kemampuannya.

Salah satu syarat Aqiqah adalah dua ekor hewan untuk anak laki-laki dan seekor hewan untuk anak perempuan. Seperti sabda Rasululloh “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan 2 kambing yang sama dan bayi perempuan 1 kambing” [HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah].

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar Aqiqah yaitu:

  1. Bagaimana Hukumnya Jika Aqiqah Setelah Dewasa

Sebagian orang percaya bahwa batas dilakukannya Aqiqah anak adalah saat dia beranjak dewasa, nyatanya, meski sudah dewasa dan berkeluarga pun seseorang masih tetap bisa melaksanakan Aqiqah. Tapi, kewajiban orang tua sudah gugur, dan anak tersebut sudah memiliki hak untuk melaksanakan Aqiqah sendiri.

Berdasarkan jawaban dari Imam Ahmad kepada Al-Maimuni kala itu. “Ada orang yang belum diaqiqahi, apakah ketika dewasa boleh mengaqiqahi dirinya sendiri?” Kemudian Imam Ahmad menjawab “menurutku, jika ia belum diaqiqahi, maka lebih baik melakukannya sendiri ketika dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh”.

Baca Juga : Kapan Waktu Bagus Untuk Melaksanakan Aqiqah?

  1. Syariat Dalam Melaksanakan Aqiqah
  • Sunnah melaksanakan Aqiqah di hari ke-tujuh kelahiran anak. Dibarengi dengan memberikan nama dan memotong rambut anak.
  • Untuk anak laki-laki 2 ekor kambing atau hewan aqiqah lainnya, dan seekor untuk anak perempuan.
  • Menjadi tanggungan orang tuanya selama anak tersebut belum baligh, jika sudah baligh bisa diaqiqahi sendiri atau wali lainnya.
  • Sesuai syariat Islam, Aqiqah ini hukkumnya sunnah muakad bukan wajib. Jadi dilaksanakan bagi mereka yang mampu saja.
  1. Ketentuan untuk Daging Aqiqahnya

Daging yang dibagikan haruslah daging yang sudah matang, ini sangat dianjurkan karena dengan membagikan daging yang sudah matang tentu mempermudah dan menyenanangkan hati si penerima karena tidak perlu lagi repot mengolahnya.

Ada banyak sekali pertanyaan apakah daging Aqiqah ini boleh diberikan pada non muslim? Tentu saja boleh. Tidak ada larangan untuk hal ini. Bahkan keluarga empunya hajat juga boleh menikmati daging Aqiqah tapi dengan jumlah yang terbatas. Tidak semuanya.

Paket Aqiqah Kota Tangerang Terjamin Murah, Halal dan Terpercaya

Aqiqah adalah sunnah muakadah yang dilakukan atas dasar rasa terima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT. yang telah mengamanahkan seorang bayi. Pendapat lainnya juga mengatakan bila aqiqah adalah sebagai bentuk penebusan agar terlepas dari kekangan jin yang mengiringi bayi sejak lahir.

Terlepas apapun pendapatnya. Aqiqah adalah bentuk rasa syukur bagi kedua orang tua terhadap bayinya. Dengan aqiqah ini juga memiliki tujuan sosial berbagi kebahagiaan bersama.

Hewan yang bisa digunakan sebagai aqiqah adalah kambing atau domba. Jumlahnya bagi laki-laki adalah 2 ekor dan 1 ekor untuk bayi perempuan. Terkait dengan jenis kambing jantan atau betina tidak dijelaskan dalam haditsnya. Rasulullah hanya mensyaratkan kambing yang bertanduk.

Dalam pengerjaannya aqiqah akan diawali dengan pemotongan kambing dan di lanjut dengan acara tasyakuran yang didalamnya termasuk sesi pemotongan rambut sang bayi.

Sayangnya pengurusan kambing aqiqah mulai dari pemilihan hingga pengolahan menjadi masakan jadi cukup merepotkan. Terlebih bagi yang waktunya sudah habis untuk pekerjaan lainnya.
Maka dari itu Karima Aqiqah berkomitmen untuk menyediakan paket aqiqah yang murah, terpercaya dan sesuai kaidah islam tentunya.

Kami akan menguruskan mulai dari pemilihan kambing baik yang berkualitas terbaik dan telah memenuhi hukum islam yang berlaku untuk dijadikan kambing aqiqah.
Selain itu pengolahan daging aqiqah akan kami masakkan hingga menjadi santapan yang lezat dan tidak prengus.

Jadi jangan ragu untuk memesan Paket Aqiqah Tangerang Selatan di Karima Aqiqah.
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan jasa kami bisa datang ke kantor kami atau telpon.
Kantor:
Jl. Raya Masjid Nurul Falah, KP. Tanjung Rt.04 Rw.01 Suka Asih, Pasar Kemis, Tangerang
WA | Phone : 0859 3023 1451

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here