Berapa sih sebetulnya jumlah kambing untuk ibadah aqiqah? simak yuk dalam artikel ini.


Jumlah Kambing Dalam Ibadah Aqiqah

jumlah kambing dalam ibadah aqiqah
Jumlah Kambing Dalam Ibadah Aqiqah
Aqiqah Tangerang - Aqiqah adalah salah satu bentuk ibadah atau aturan dalam islam yang berkaitan dengan kelahiran sang buah hati dalam sebuah keluarga muslim. Baik anak perempuan maupun laki-laki, dalam acara aqiqah dilakukan suatu proses penyembelihan kambing sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Bersyukur atas kepercayaan yang diberikan untuk mengasuh dan mendidik generasi penerus islam.


Adapun jumlah kambing untuk anak perempuan dan laki-laki adalah berbeda. Berikut penjelasan mengenai jumlah kambing dalam ibadah aqiqah. Selain itu, dilakukan pula kegiatan memotong rambut di kepala bayi ketika baru dilahirkan. Pelaksanaan aqiqah menurut islam yang disepakati yaitu pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Apabila anda sedang mempersiapkan acara aqiqah, baca hal ini.


Jenis dan Syarat Hewan Yang Diaqiqahkan

1.   Tipe hewan yang diperlukan yaitu dari jenis mamalia. Biasanya adalah kambing.
2.   Kategori jenis kelamin kambing untuk acara aqiqah yaitu bisa betina ataupun jantan. Keduanya tidak masalah dan dikatakan sama saja.
3.   Umur kambing untuk acara aqiqah merujuk pada hadist nabi Muhammad SAW. Hewan aqiqah yang tidak cukup usia akan mengakibatkan ibadah menjadi tidak sah. Disebutkan bahwa syarat usia hewan untuk aqiqah disetarakan dengan hewan untuk qurban. Diriwayatkan dari Jabir Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah pernah bersabda “Janganlah kalian menyembelih hewan kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.

Musinnah yaitu kecukupan usia dari hewan yang akan disembelih. Rincian musinnah untuk beberapa hewan qurban yaitu : kambing telah berusia satu tahun (masuk tahun kedua), sapi telah berusia dua tahun (masuk tahun ketiga), dan unta telah genap lima tahun (masuk tahun keenam). Sedangkan Jadza’ah yaitu domba yang berusia enam bulan hingga satu tahun. Maka dari itu, kambing yang akan disembelih saat aqiqah setidaknya berumur 6 bulan atau lebih. Untuk lebih mudahnya jika Anda berdomisili di wilayah Bekasi bisa mengunjungi tempat kami Karima Aqiqah di Bekasi.


Syarat Kambing Aqiqah

Apabila hewan mengalami beberapa hal berikut, maka hewan tersebut tidak sah untuk dijadikan qurban (HR Bukhari dan Muslim). Beberapa hal tersebut yaitu :

1.   Sakit
2.   Pincang
3.   Cacat mata
4.   Kurus yang tidak berlemak lagi


Jumlah Kambing dalam Ibadah Aqiqah

Aqiqah anak laki-laki dilakukan dengan menyembelih dua ekor kambing, sedangkan perempuan satu ekor kambing. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah dari Ummu Kurz Al Ka’Biyyah. Rasul berkata “Untuk anak laki-laki dua kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu kambing”. Dari ummul mikminin, ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki akikah dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing.”

Kedua hadist tersebut menjelaskan jumlah kambing dalam ibadah aqiqah yang akan disembelih. Namun, apabila tidak mampu melaksanakannya, maka bisa dengan satu ekor kambing. Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah pengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba). HR Abu Daud no. 2841. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih. Namun, riwayat yang menyatakan dengan dua kambing itulah yang lebih shahih.

Tentang Aqiqah dalam Islam

  1. Sunnah hukumnya untuk memberikan nama dan mencukur rambut anak di hari ketujuh kelahirannya
  2. Orang tua disunnahkan untuk melakukan aqiqah terhadap anak, namun bisa juga dilakukan oleh anggota keluarga lainnya
  3. Pelaksanaan aqiqah dalam Islam hukumnya sunnah. Apabila dilakukan, maka sesuaikan dengan aturan dan tata cara dalam islam yang dianjurkan

Demikian artikel ini kami tulis perihal jumlah kambing dalam ibadah aqiqah untuk buah hari anda dan keluarga semoga bisa memberikan gambaran yang jelas.

Baca artikel kami lainnya