Partners

header ads

Kapan Hari Yang Afdhol Untuk Aqiqah Dalam Islam?

Anda bingung bagaimana cara menghitung hari afdhol untuk aqiqah? di sini akan dipaparkan secara jelas.


Kapan Hari Yang Afdhol Untuk Aqiqah

cara menghitung hari yang afdhol untuk aqiqah
Cara Menghitung Hari Afdhol Aqiqah
Karima Aqiqah Tangerang menuliskan bahwa aqiqah merupakan salah satu sunnah rasul yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Aqiqah berkaitan dengan kehadiran buah hati dalam keluarga islam. Namun, masih ada masyakarat awam yang belum mengetahui detail pelaksanaannya seperti apa. Termasuk kapan hari yang afdhol aqiqah dalam islam. Berikut akan dijelaskan mengenai waktu pelaksanaan seharusnya serta keutamaan dalam aqiqah.

Apabila anda sedang menunggu kehadiran buah hati, maka penting untuk mempersiapkan acara aqiqah. Temukan informasi secara detail yang sesuai dengan aturan islam. Aqiqah merupakan suatu hal yang penting, sehingga hindari hal-hal yang menjadikan aqiqah tidak sah atau tidak diterima oleh Allah SWT. Misalnya seperti kegiatannya, jenis, jumlah, dan usia hewan yang disembelih, waktu, dsb.

Hukum Aqiqah dan Waktu Pelaksanaan

Mayoritas ulama mengatakan bahwa hukum aqiqah yaitu sunnah muakad atau mendekati wajib. Rasul telah memberi contoh panduannya pada saat melakukan aqiqah kepada kedua cucunya, yaitu Hasan dan Husein. Tujuan dari pada aqiqah yaitu sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas kehadiran bayi dalam keluarga islam, baik bayi perempuan maupun laki-laki.

Kegiatan yang dilakukan saat aqiqah di antaranya adalah pemotongan hewan aqiqah yang biasanya berupa kambing. Dua ekor kambing apabila bayi berjenis kelamin laki-laki. Apabila perempuan, maka ada satu kambing yang akan disembelih. Selain itu, dilakukan kegiatan cukur rambut di kepala bayi, pemberian nama bayi, serta pelaksanaan do’a aqiqah.

Waktu pelaksanaan aqiqah yang disepakati oleh ulama yaitu pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Adanya selang waktu ini karena berkaitan dengan hal persiapan pula. Biasanya, setelah bayi dilahirkan, keluarga akan menjadi begitu sibuk untuk pengurusan sang ibu dan bayi. Sehingga, ada waktu persiapan dalam melakukan aqiqah. Ini menjadi keutamaan waktu aqiqah tersendiri.

Murid Asy Syaukani, Shidiq Hasan Khon Rahimahullah menerangkan bahwa “Sudah semestinya ada selang waktu antara kelahiran dan waktu aqiqah. Pada awal kelahiran tentu saja keluarga disibukkan untuk merawat si ibu dan bayi. Sehingga ketika itu, janganlah mereka dibebani lagi dengan kesibukan yang lain. Dan tentu ketika itu mencari kambing juga butuh usaha. Seandainya aqiqah diyariatkan di hari pertama kelahiran sungguh ini sangat menyulitkan. Hari ketujuhlah hari yang cukup lapang untuk pelaksanaan aqiqah.”

Jika Aqiqah Tidak Bisa Dilaksanakan Pada Hari Ketujuh

Ada perbedaan di antara beberapa ulama. Menurut ulama Hambali dan Syafi’iah, waktu pelaksanaan aqiqah dimulai dari kelahiran sang bayi. Apabila dilaksanakan sebelum bayi dilahirkan, maka tidak sah dan dianggap hanya sebagai sembelih hewan biasa. Sedangkan menurut ulama Malikiyah dan Hanafiyah, waktu aqiqah adalah pada hati ketujuh, tidak boleh sebelumnya. Jikalau anda memiliki waktu dan dekat dengan wilayah kami di Bekasi silahkan anda bisa berkonsultasi langsung kepada Karima Aqiqah Bekasi, insyaallah team kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail tentang hal ibadah aqiqah.

Batasan pelaksanaan aqiqah dari segi waktu pun berbeda-beda menurut pandangan ulama. Ulama Syafi’iah membolehkan aqiqah sebelum usia baligh. Ulama Makiliyah membatasi bahwa aqiqah gugur setelah hari ke tujuh. Sedangkan ulama Hambali mengatakan bahwa apabila aqiqah belum dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran bayi, maka disunnahkan untuk melakukan aqiqah di hari 14. Apabila belum dilaksanakan lagi, boleh dilaksanakan pada hari 21.

Perbedaan pendapat ini tidak jarang membingungkan banyak orang. Anda mungkin bertanya-tanya terkait kapan hari yang afdhol untuk aqiqah. Apabila anda sedang menunggu kelahiran sang bayi, akan lebih baik jika anda melakukan persiapan untuk acara aqiqah. Mengenai waktu aqiqah, anda bisa berpegang pada waktu yang disepakati pada ulama, yaitu pada hari ketujuh setelah bayi di lahirkan ke dunia. Anda juga bisa menyiapkan hal lainnya untuk acara aqiqah.

Demikian tulisan ini kami buat terkait soal kapan hari yang afdhol untuk aqiqah anak Anda dalam Islam, semoga bermanfaat. aamiin.

Baca artikel terkait selanjutnya
Jumlah Kambing Dalam Ibadah Aqiqah