Partners

header ads

Layanan Aqiqah Jakarta Terbaik Sesuai Sunnah Rasul

KARIMA AQIQAH WA Layanan Aqiqah Terbaik Di Jakarta Yang Sesuai Sunnah Rasulullah.


Layanan Aqiqah Jakarta

layanan aqiqah jakarta terbaik sesuai sunnah rasul
Layanan Aqiqah Jakarta

Dalam islam, bagi kelahiran seorang bayi, maka di sunnahkan untuk melakukan aqiqah. Dan kami, sebagai jasa Aqiqah Jakarta, tentu akan mempermudah anda, untuk melaksanakan sebuah proses aqiqah. Kami pun memiliki paket- paket aqiqah, yang tentu saja bisa menjangkau seluruh daerah jakarta, seperti paket aqiqah jakarta timur ataupun area layanan aqiqah tangerang.

Tujuan kami sebagai jasa aqiqah di Jakarta, seperti aqiqah jakarta timur dan daerah lainnya, tentu untuk membantu proses yang di contohkan oleh nabi kita Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

Pengertian Aqiqah 

Dalam kitab “Tuhfatul Maudud” hal.25-26, Aqiqah merupakan proses penyembelihan hewan pada bayi, di hari ketujuhnya dan juga mencukur rambutnya. Dari penjelasan tersebut, aqiqah itu sangat penting dengan dua unsur diatas dan lebih utama.

Imam Ahmad rahimahullah dan jumhur ulama berpendapat, bahwa apabila hukum ini, ditinjau dari segi syar’i maka aqiqah yaitu proses bersedekah dengan berkurban atau menyembelih.

Mengapa Harus Memakai Jasa Kami?

  1. Kami berusaha melayani proses aqiqah sesuai dengan tuntunan Rosul
  2. Kami akan menyediakan beberapa kambing yang sesuai pesanan anda
  3. Kami akan memberikan pelayanan yang maksimal untuk keperluan aqiqah anda
  4. Paket- paket kami sebagai jasa Aqiqah Jakarta, sangat menarik
  5. Harga paket yang kami tawarkan sangat bersaing dan terjangkau
  6. Tim kami akan menjangkau tempat anda dengan mudah, terutama untuk yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya
  7. Kambing yang kami sediakan adalah kambing terbaik
  8. Jasa kami di dukung oleh orang- orang profesional yang tentu mengerti tentang hukum Aqiqah
  9. Dengan jasa kami, Anda pun akan lebih efektif dan efisien tentang waktu dan tempatnya.


layanan aqiqah jakarta sesuai sunnah


Dalil- Dalil Syar’i Tentang Aqiqah

Kesimpulan dalil dari sahabat rasul dan istrinya secara sahih, yang kami simpulkan sebagai jasa Aqiqah Jakarta bahwa:

  1. Rasulullah Mewajibkan bahwa Aqiqah dilaksanakan setelah kelahiran bayi, dan memerintahkan menyembelihlah hewan dan untuk menghilangkanlah semua gangguan dari bayi. Menghilangkan gangguan dilakukan dengan mencukur rambut bayi.
  2. Rasulullah memerintahkan bahwa Semua anak bayi, akan tergadaikan dengan aqiqahnya disembelinyah hewan (kambing) pada hari ketujuh, dengan begitu bisa memberi nama. 
  3. Rasulullah dalam beberapa riwayat mencontohkan bahwa Bayi laki- laki harus diaqiqahi kurang lebih dengan dua kambing dan bayi perempuan dengan satu kambing.
  4. Rasulullah melakukan aqiqahi terhadap cucunya Hasan dan Husain masing- masing satu kambing.
  5. Rasulullah dalam beberapa riwayat memerintahkan untuk menCukurlah rambut cucunyanya dan juga bersedekahlah dengan mata uang perak kepada para orang miskin dengan jumlah seberat timbangan rambutnya.


Dari dalil-dalil yang diterangkan di atas maka dapat diambil hukum-hukum mengenai seputar aqiqah dan hal ini dicontohkan oleh Rasulullah para sahabat serta para ulama salafus sholih. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk menghubungi kami sebagai jasa Aqiqah jakarta barat dan Aqiqah jakarta pusat ataupun pusat aqiqah bekasi.

Hukum Aqiqah Menurut Sunnah

beberapa ulama dan Jumhur ulama menyatakan bahwa aqiqah tersebut adalah sunnahdan mereka memang merujuk kepada hadist Nabi no.5 dari ‘Amir bin Syu’aib

Waktu Aqiqah Pada Hari Ketujuh

Berdasarkan beberapa hadist, Para ulama memberikan pendapat dan sepakat bahwa waktu untuk melakukan aqiqah adalah hari ketujuh, dari hari lahiran. Pendapat Imam Malik, menyatakan bila bayi itu meninggal ketika belum mencapai hari ketujuh maka akan gugur sunnah aqiqah.

Dan pendapat ini menjadi beberapa pendapat yang berkembang. Maka dari itu anda bisa konsultasikan kepada kami, sebagai jasa aqiqah Jakarta terbaik sesuai sunnah rosul.

Fatwa Aqiqah Selain Kambing

Beberapa hadist menerangkan menyembelih dua ekor kambing bagi anak laki-laki dan satu ekor untuk perempuan. Oleh karena itu keharusan aqiqah dengan kambing tidak bisa di wakilkan. Dan kami sebagai jasa Kambing Aqiqah Jakarta, akan memfasilitasi semua yang berhubungan dengan hewan ternak ini.

Dalam “Fathul Bari” Para ulama mengambil dalil syarat hewan aqiqah, dan lahirlah kalimat syaatun dan kabsyun (kibas, atau anak domba yang memang telah tumbuh gigi gerahamnya) kriteria dalam menentukan kambing aqiqah.” Menurut ulama- ulama tersebut tidak boleh menyembelih selain kambing”.

Namun ada yang berpendapat dapat melakukan aqiqah dengan unta, dan sapi, atau yang lainnya. Namun, pendapat tersebut lemah sebab :

  1. Beberapa hadist shahih yang kuat, menunjukkan bahwa aqiqah harus dengan kambing.
  2. Beberapa hadist yang membolehkan aqiqah selain kambing tentu.


Persyaratan Kambing Aqiqah 

Beberapa dalil menyatakan bahwa persyaratan kambing untuk aqiqah berbeda dengan kambing kurban untuk idul adha. Pendapat Imam As-Shan’ani, serta Imam Syaukani, dan juga Iman Ibnu Hazm mengatakan kambing aqiqah tidak mencapai umur tertentu atau memang harus tidak memiliki kecacatan.

Apabila kambing Idul Adha, mempunyai keutamaan untuk tidak cacat. Oleh karena itu, Kami sendiri sebagai jasa aqiqah Jakarta akan menawarkan juga Paket aqiqah Jakarta terbaik.
Bila menelaah “Subulus Salam”  menunjukkan bahwa kambing untuk aqiqah, tentu tidak sama dengan hewan kurban. Adapun pendapat tentang persyaratannya sama saja, hal tersebut dengan dalil qiyas.

Apa itu qiyas? secara ushul fiqhi, yaitu menyamakan sebuah masalah yang  memang tidak ada ketentuan hukumnya dalam pemahaman Al-Qur'an dan juga Sunnah. Beberapa pendapat dengan dalil yang jelas dan faktual, mengatakan tidak ada yang menyatakan bahwa samanya persyaratan antara hewan kurban untuk Idul Adhaatau dengan hewan sembelihan lainnya.

Kitabnya “Al-Muhalla” berkesimpulan bahwa aqiqah dengan kambing cacat, hukumnya tetap sah, hal tersebut termasuk yang dibolehkan untuk kurban Idul Adha. Namun, seharusnya kambing tersebut dalam keadaan sehat.

layanan aqiqah jakarta
Layanan Aqiqah Jakarta


Bacaan Ketika Menyembelih Kambing Aqiqah

Nabi sendiri memang mencontohkan untuk membaca bismillah, apapun yang berkaitan dengan ibadah. Hal itu memang masyhur dan sudah umum diketahui bersama. Dengan begitu, suatu doa harus diucapkan saat menyembelih hewan aqiqah. Karena Aqiqah salah satu jenis ibadah kurban yang memang telah disyariatkan dalam Islam. Dan umumnya orang yang memang menyembelih binatang yang halal akan mengucapkan : “Bismillahi Allahu Akbar”.

Hukum Menghancurkan Tulang Hewan Aqiqah

Beberapa dalil, membolehkan untuk menghancurkan semua tulang daging sembelihan, dalam hal ini hewan qurban dan aqiqah. Imam Malik dalam kitab “Al-Muwaththa” menjelaskan, bahwa tidak terdapat dalil pelarangan atau sampai hukum makruhnya. Karena menghancurkan tulang- tulang pada sembelihan memang menjadi kebiasaan dan terdapat kebaikan juga, seperti manfaat dari tulang sumsum untuk dimakan.

Memang ada pendapat hadist yang hukumnya dhaif (Riwayat lemah) karena mursal terputus sandanya (riwayat tidak nyambung), dan juga mungkar serta mudraj, hadist dhaif tersebut diantaranya adalah:

  1. Bahwa Rasulullah pernah mengatakan untuk tidak menghancurkan tulang pada sembelihannya.
  2. Aisya, istri Rasul yang mengatakan sunnah aqiqah, untuk tidak menghancurkan tulang sembelihan. 


Hukum Memberikan Daging Aqiqah

Sunnah saat memberikan daging aqiqah, yaitu dengan cara dimasak terlebih dahulu. Dan berbeda dengan Idul Adha, yang boleh memberikan daging mentah. Hal tersebut dikatakan Imam Ibnu Qayyim rahimahullah, bahwa Memasak daging aqiqah termasuk sunnah.

Alasannya, karena dagingn yang dimasak akan lebih mudah untuk dikonsumsi oleh orang- orang miskin ataupun tetangga. Hal tersebut tentu, sangat positif dalam kebaikan serta rasa syukur terhadap nikmat tersebut. Oleh karena itu kami sebagai layanan jasa Aqiqah Jakarta, akan menyediakan paket pemasakan bagi anda.

Hukum Menjual Daging Aqiqah

Beberapa dalil mengatakan bahwa, Aqiqah adalah salah satu jenis ibadah (taqarrub) kepada Allah Ta’ala. Menjual daging sembelihan meskipun sedikit, maka sama sama dengan tidak melaksanakan ibadahnya. Maka bila anda menjual daging Aqiqah, maka ibadah Aqiqah tersebut akan hilang dan tidak di anggap.

Hukum Mengkonsumsi Sendiri Daging Aqiqah

Siapapu yang telah melakukan ibadah aqiqah, maka dibolehkan untuk memakan, serta bersedekah, atau memberi makan, dan juga menghadiahkan dari daging sembelihannya tersebut. Namun yang tentu lebih utama bila semuanya diamalkan.

Imam Ibnu Qayyim rahimahullah menerangkan bahwa Karena tidak terdapat dalil dari Rasulullah terkait penggunaan dan pembagian dagingnya. Karena semua itu sangat umum, yang terpenting adalah terus berbuat baik dan beramal.

Hukum Aqiqah Pada Idul Qurban

Niat ibadah kurban, tidak bisa di rangkap menjadi satu niat. Maka dari itu bila anda ingin melaksanakan aqiqah dan tepat pada hari Idul Adha, anda pun harus memilih salah satunya. Namun, bila anda memiliki dana yang lebih, maka dibolehkan untuk melaksanakan penyembelihan yang berbeda. Karena Idul adha pun memiliki rentang waktu, untuk penyembelihan.

Pendapat yang benar tentu, mengatakan tidak sah bila menggabungkan atau merangkap niat aqiqah dengan ibadah kurban, bila mampu keduanya harus dikerjakan terpisah. Meskipun sama memakai, media hewan sembelihan, aqiqah dan adhiyah (kurban) merupakan bentuk ibadah yang tidak sama.

Hukum Tidak Boleh Menukar Aqiqah Dengan Uang

Penyembelihan hewan aqiqah adalah merupakan bentuk simbol dari ketaatan kita terhadap hukum Allah. Maka dari itu tidak sah bila seseorang, mengganti aqiqah, dengan bersedekah meskipun jumlah sedekah tersebut sama dengan harga daging sembelihan, atau pun lebih banyak.
Dan ditambah tidak terdapat dalil, akan bolehnya bersedekah dengan harga daging sembelihan yang akan di aqiqahkan.

Alasan Mencukur Rambut Dalam Proses Aqiqah Jakarta

Kami sebagai jasa aqiqah, khususnya di Jakarta, tentu saja sangat memahami permasalahan ini. Dan tidak jarang beberapa pertanyaan, terlontar untuk masalah ini. Maka menurut paham kami, dengan dalil- dalil sahih yang jelas, disunnahkannya untuk mencukur rambut bayi, dan juga bersedekah. Adapun hadist yang menyatakan tentang perintah bersedekah menggunakan emas, dan hadist tersebut adalah hadist dhoif.

Bantahan Bahwa Aqiqah Itu Bid’ah

Untuk informasi yang penting, bahwa tidak jarang beberapa golongan membantah terhadap proses aqiqah ini, mereka berpendapat untuk mengingkari dan juga membid’ahkan aqiqah. Informasi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi anda yang memang belum mengetahuinya.

Beberapa riwayat, seperti dari Ibnul Mundzir rahimahullah sudah diterangkan, bahwa pada zaman Ibnu Mundzir, terdapat Orang- orang islam dengan julukan “Aqlaniyyun”. Yaitu suatu kelompok orang, yang selalu mengukur kebenaran tidak dengan agamanya, melainkan dengan akalnya saja.

Dan fenomena ini, tentu sering terjadi, seperti dengan bermunculannya sekelompok orang Islam yang mengatas namakan sebagai kaum Islam Liberal. Maka dari itu, anda harus berhati- hati terhadap kaum islam yang kerap mengingkari sunnah, seperti sunnah aqiqah ini.

Perbuatan Bid’ah Selama Proses Aqiqah

Tentu saja sebagai jasa aqiqah jakarta, kami menyediakan jasa aqiqah sesuai sunnah, dan tidak melanggar hal tersebut. Maka bagi anda yang tinggal di jakarta, contoh jakarta selatan, tidak ada salahnya untuk menghubungi kami sebagai jasa kami, karena kami akan membantu proses di daerah Aqiqah jakarta selatan.

Dan kami bekerja dengan ahli- ahli Agama yang tetap berlandaskan hadist yang sahih. Meskipun begitu, sebagai warga Indonesia yang lekat dengan budaya, maka kerap terdapat ibadah- ibadah yang menyimpang tentang ibadah Aqiqah ini.

Contohnya dengan mengusap darah dari sembelihan aqiqah tersebut, di atas kepala bayi yang diaqiqahkan. Hal tersebut merupakan sebuah perbuatan bid’ah dan budaya jahiliyah. Maka dari itu, kami menyampaikan informasi yang hati- hati bagi anda. Karena banyak riwayat- riwayat palsu. Jasa Aqiqah kami pun menyarankan untuk berhati- hati terhadap orang tersebut, sekalipun mereka menunjukan bacaan- bacaan arab asli.

Menurut hadist sahih yang di riwayatkan oleh Istri Nabi, Aisyah, pada zaman dahulu beberapa ahlul kitab di masa jahiliyah, sempat memiliki ritural- ritual yang mirip dengan mengaqiqahi seorang bayi. Dengan cara mencelupkan sebuah kain berjenis seperti kapas kepada darah sembelihan hewan- hewan untuk aqiqah. Hal tersebut dilakukan setelah pencukuran rambut terhadap bayi tersebut.

Maka bila kembali kepada tuntunan Rasul menggantikan darah dengan tetesan khuluqun atau sejenis minyak wangi.  Dan riwayat tersebut sangat Shahih.  Al-‘Allamah Syaikh Al-Albani menyebutkan juga dalam kitab “Irwaul Ghalil” bahwa mengusap kepala seorang bayi dengan memakai darah sembelihan aqiqah itu, termasuk kebiasaan- kebiasaan orang dan kaum jahiliyah yang memang telah dihapus oleh Islam.

Adab Menghadiri Jamuan Aqiqah

Adab adalah segala sesuatu yang harus kita pelajari. Bahkan tidak dapat hanya di pelajari saja, prilaku adab haruslah di peraktekan, demi menjaga kebaikan atara umat manusia. Kami sebagai jasa Aqiqah Jakarta, tentu saja dapat memfasilitasi jamuan terhadap aqiqah yang berdasarkan hadist sahih dari Rosul. Dan kami pun mengedukasi agar pelanggan kami, mengetahui hukum- hukum yang benar, dan menghindari Bid’ah.

Diantara bid’ah yang memang sering kali dilakukan, khususnya oleh beberapa ahli ilmu yaitu memberikan sebuah saran tanpa dalil yang dapat dipertanggung jawabkan. Terutama yang berkaitan dengan beberapa hukum tentang aqiqah dan serta adab- adabnya dalam membuat jamuan.
Sebenarnya, umat Islam selalu diajarkan, meski dengan segala sesuatu ibadah yang terkecil saja. Maka dari itu kita pun harus jeli dan teliti dalam melakukan ibadah. Dan aqiqah pun dilakukan dengan cara yang khusyu dan khidmat. Maka boleh- boleh saja mengundang jamuan untuk aqiqah, dengan syarat tidak terlalu berlebihan.

Sedangkan yang memang disyariatkan disini yaitu, bahwa dengan berkumpulnya kita pada sebuah acara aqiqahan, hanyalah untuk menambah silaturahmi serta, menampakkan sebuah rasa syukur saat menyambut kelahiran bayi tersebut. Oleh karena itu agar jamuan aqiqah anda berkah, jangan ragu untuk menghubungi kami sebagai jasa Catering aqiqah jakarta dan aqiqah bogor.

Dengan begitu, kami harap anda mau menghubungi kami, dan kami pun menerima, bila hanya untuk sekedar konsultasi mengenai Rumah aqiqah jakarta.

Untuk bisa memberikan layanan yang maksimal kepada para klien kami menjangkau seluruh wilayah jakarta seperti :Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang, Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan, Tanjung Priok, Cengkareng, Grogol Petamburan, Kali Deres, Kebun Jeruk, Kembangan, Palmerah, Taman Sari, Tambora, Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setiabudi, Tebet, Cakung, Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Makasar, Matraman, Pasar Rebo,  Pulo Gadung dan yang lainnya.

Baca artikel selanjutnya