Partners

header ads

Mengetahui Hukum Aqiqah Dalam Islam


Bagi orang tua yang hendak mengaqiqahi anaknya alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu akan hukum aqiqah dalam Islam.

Aqiqah termasuk perayaan penyembelihan hewan kambing yang dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur atas bayi yang baru dilahirkan. Kemudian, untuk persyaratan jumlah hewan kambing yang akan di sembelih antara bayi yang berjenis kelamin laki-laki dan yang berjenis kelamin perempuan juga berbeda. Diantaranya yaitu 1 ekor kambing untuk anak perempuan dan sejumlah 2 ekor kambing untuk anak yang berjenis kelamin laki-laki.  Selain pengertiannya, hukum aqiqah dalam islam juga perlu seklai untuk anda ketahui.

mengetahui hukum aqiqah dalam islam
Mengetahui Hukum Aqiqah Dalam Islam


Hukum Aqiqah Dalam Islam

Aqiqah Tangerang melansir - Terdapat beberapa pendapat terkait masalah hukum aqiqah dari beberapa ulama, yaitu seperti wajib, sunnah mu’akkad dan juga  sunnah, seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Antara Sunnah dan Wajib

Sebagian besar ada yang berpendapat apabila aqiqah ini hukumnya adalah sunnah dan sebagian lagi wajib dengan alasan ada kaitannya langsung dengan sembelih. Ketika seseorang dirasa mampu melaksanakan aqiqah, maka sebaiknya anda segera melaksanakannya pasa asaat hari ke-7.

2. Berdasarkan Hadits Yang Shohih

Hukum aqiqah jika sesuai dengan pendapat yang terkuat yaitu sunnah muakkadah. Banyak yang memiliki pendapat ini sebab juga berdasarkan hadits. Kemudian, ada juga ulama yang memberikan penjelasan apabila aqiqah ini merupakan penebus yang bisa diartikan pelaksanaan aqiqah ini dijadikan sebagai pertanda terlepasnya dari kekangan jin yang ada bersama bayi pada saat dilahirkan.

3. Hukum Aqiqah Diwajibkan

Sebagian besar umat muslim juga ada yang mengatakan jika hukum aqiqah dalam itu wajib. Hal ini dikarenakan menyambut kehadiran anak merupakan sesuatu hal yang sangat penting, terlebih lagi untuk mereka yang mampu dalam segi finansialnya.  Oleh sebab itu, sangat diutamakan untuk melaksanakan aqiqah ini.

Baca juga : Layanan Karimah Aqiqah Bogor

Hukum Beserta Tuntunan Pelaksanaan Aqiqah

Dan ini merupaka beberapa hukum aqiqah yang diikuti dengan tuntunan dalam melaksanakan aqiqah;

1. Aqiqah Merupakan Syariat Islam

Aqiqah merupakan satu yang telah disyariatkan di dalam agama Islam serta berdasarkan beberapa dalil yang mengatakan diantaranya yaitu dalam hadits Rasulullah saw yang menjelaskan jika“setiap anak tertuntut dengan aqiqahnya”.

2. Jumlah Hewan Sembelihan

Hadits aqiqah yang lainnya juga mengatakan apabila, “Anak laki-laki (Aqiqah-nya dengan 2 ekor kambing). Kemudian untuk anak perempuan dalam pelaksanaan aqiqahnya bisa dengan 1 ekor kambing”.

3. Hukum Aqiqah Merupakan Sunnah

Status hukum aqiqah dalam islam dari pandangan kebanyakan ulama seperti  Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad yaitu sunnah.

Para ulama juga tidak menjelaskan jika hukum aqiqah itu wajib. Sebab, jika membuat penyataan jika seandainya aqiqah adalah wajib, maka kewajiban ini pastinya telah diketahui agama dan Rasulullah yang sudah tidak diragukan lagi.

4. Tidak Mematahkan Tulang Sembelihan

Ketika menyembelih hewan aqiqah, ada hal yang sebaiknya diperhatikan, diantaranya tidak mematahkan tulang dari sembelihan dengan suatu harapan yang baik untuk anak yang diaqiqahi.

5. Hewan Sembelihan Tidak Boleh Cacat

Aqiqah yang sah yaitu apabila sudah memenuhi syarat dari hewan aqiqah tersebut. Diantaranya yakni hewan tidak cacat dan juga sudah masuk ke usia yang sudah sesuai dengan yang disyaratkan dalam Islam. Aqiqah ini juga merupakan menyembelih di hari ke-7 sejak saat kelahiran bayi yang dimaksudkan untuk bersyukur pada Allah atas karunia yang telah diberikan.

Namun, jika menggunakan hewan selain kambing, sapi maupun hewan unta juga diperbolehkan. Akan tetapi dengan syarat hanya 1 unta maupun dengan 1 sapi untuk 1 orang anak saja. Akan tetapi, sebagian ulama memiliki pendapat apabila hukum aqiqah dalam islam yang diperbolehkan hanya dengan menggunakan hewan kambing, karena sudah sesuai dengan dalil dari Rasulullah SAW.


Demikian Artikel terkait mengetahui hukum aqiqah dalam ini kami tulis semoga dapat memberikan manfaat yang banyak. aamiin.

Baca artikel terkait lainnya